Rumus Microsoft Excel Fungsi IF

Rumus microsoft excel cukup banyak dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kali ini kami akan membahas mengenai fungsi IF. Fungsi IF ini bisa diaplikasikan ke banyak hal, tergantung kondisi atau kebutuhan apa yang sedang dihadapi. Adapun secara kasar fungsi IF ini bisa diterjemahkan sebagai fungsi JIKA. Jadi kasus yang mengandung unsur JIKA maka bisa menggunakan rumus ini. Misalkan saja, data A akan ditampilkan jika nilainya kurang dari seribu.

rumus microsoft excel fungsi if


Rumus Microsoft Excel Fungsi IF

IF(logical_test, [value_if_true], [value_if_false])

Untuk menjelaskannya bisa dibaca secara kalimat seperti berikut :
 Jika ada kondisi seperti "logical_test", maka yang ditampilkan adalah "[value_if_true]", tetapi jika tidak sesui dengan "logical_test" maka yang ditampilkan adalah "[value_if_false]".

Langsung kita ambil contoh seperti gambar berikut :
rumus microsoft excel fungsi if


Dalam kasus yang kita buat ini ada Nama pada kolom B. Kemudian karena ada beberapa nama yang sama maka kita lakukan sorting. Maka pada kolom C2 kita buat rumus :
=IF(B2=B1;"";B2)

Artinya : Jika kolom B2=B1, maka kolom C2 dikosongkan saja, tetapi jika sebaliknya maka diisi data dari B2.

Ini hanya salah satu kasus saja dalam penerapan rumus microsoft excel fungsi IF, dari itu bisa dikembangkan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Jika hendak mengambil file contohnya silakan diunduh saja dari link ini.

Mohon maaf kiranya ini hanya contoh sederhana saja, yang utama bisa mewakili gambaran pengunaan dari rumus microsoft excel.

Rumus Microsoft Excel Fungsi IF Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment