Aplikasi Excel Membuat Ranking Nilai


Aplikasi Excel Membuat Ranking Nilai

Bapak Ibu guru ini lagi musim Rapor, jadi biasanya disibukkan dengan mengerjakan nilai rapornya. Kali ini kami akan menshare salah satu cara membuat ranking di kelas. Misalkan ada 40 siswa atau barangkali banyak maka mengurutkan rankingnya akan mudah dengan Excel. Jadi tidak ribet dan dipastikan valid.

Nah, dalam penentuan ranking ini harus ada kejelasan jika ada siswa yang memiliki nilai yang sama maka dia mendapatkan raking yang sama atau tidak. Sehingga nanti penerapannya dalam menghitung juga beda. Tetapi memang di excel tidak bisa membedakan jika memiliki nilai yang sama maka yang pantas mendapatkan ranking lebih tinggi siapa berdasarkan kondisi sosialnya, bisanya hanya posisi datanya saja yang dijadikan acuan mana yang rankingnya lebih tinggi.

Mari kita bahas untuk yang nilai sama dengan ranking sama. Dalam kasus ini maka rumus yang diterapkan cukup sederhana.

Syntax : RANK(number,ref,order)

Untuk memudahkan coba dilihat data pada gambar berikut ini.


Jika ada data seperti di atas maka rumus pada kolom C2 :
RANK(B2;$B$2:$B$41)

Selanjutnya jika kita hendak mengeset untuk nilai yang sama memperoleh ranking yang berbeda maka rumusnya lebih ke pengayaan saja. Bisa dibuat berbagai cara supaya bisa membedakan. Salah satu contoh yang kami buat adalah jika posisi datanya di atas maka rankingnya lebih tinggi. Contohnya seperti gambar berikut.


Rumus pada kolom D2 akan seperti berikut
RANK(B2;$B$2:$B$41)+COUNTIF($C$1:C1;C2)

Rumus rankingnya tetap sama, hanya ditambahkan dengan rumus countif diatas. Rumus countif tersebut fungsinya untuk menambahkan rankingnya jika nilainya sama, yakni ditambah 1 dari ranking di atasnya.

Dalam Aplikasi Excel ini kami buat 2 kolom rangking, untuk membedakan diantara kedua cara tersebut dan rumusannya.


Untuk mendownload Aplikasi Excel ini maka bisa klik disini.

Aplikasi Excel Membuat Ranking Nilai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar: